Bersih-Bersih Pantai oleh Alumni 015 SMA N 1 Kaledupa dan KPA Daerah Kaledupa

Wakatobi merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi juga merupakan kabungan dari beberapa pulau yaitu WA untuk Wangi-Wang, KA untuk Keledupa, TO untuk Tomia, dan BI untuk Binongko.  Pulau kedua yang terletak dalam susunan nama Wakatobi yaitu Kaledupa merupakan pulau yang  terkenal dengan keindahan ekosistem laut dan kekayaan biota lautnya. Oleh karena itu Kaledupa dijuluki sebagai Surga Nyata di Bawah Laut. Julukan itu bukan hanya sekedar nama dan pajangan untuk Kaledupa, tapi telah terbukti bahwa memang pulau yang  menjadi bagian dari Kabupaten Wakatobi ini memiliki keindahan bawah laut yang mampu menghipnotis siapapun yang datang berkunjung. 

Salah satu keindahannya dapat dilihat dari bagaimana ekosistem dan populasi biota laut yang ada disana. Keragaman terumbu karang yang ada, dan bagaimana terumbu karang masih dijaga dan terpelihara, inipun menjadi alasan ikan-ikan hidup dan berkembang biak dengan baik di pulau ini. Tak hanya itu ketika anda berkunjung ke Pulau ini, anda akan disambut dengan barisan warna-warni bunga laut yang menghiasi pantai dan ini akan membuat mata anda enggan menoleh ke tempat lain. Ini merupakan beberapa alasan wisatawan berkunjung ke sana belum lagi dilihat dari segi kebudayaan yang ada.

Populasi wisatawan berkunjung ke pulau Kaledupa dari tahun ke tahun makin bertambah. Oleh sebab itu dari banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung, hal ini membuat populai sampah membludak di pulau kaledupa utamanya di area atau lokasi wisatanya. 


Alumni SMA N 1 Kaledupa angkatan 2015 bekerja sama dengak KPA (Kelompok Pecinta Alam) daerah Kaledupa melakukan kegiatan “Bakti Sosial Bersih-Bersih Sampah” di pesisir pantai Pulau Kaledupa yang berlokasi di dua daerah yaitu Pantai Sombano dan Pulau Hoga, dilakukan dalam dua hari yakni tanggal 18 dan 19 Juni 2018, berfokus kepada sampah plastik yang berserakan dipesisir Pantai. Menurut keterangan dari ketua panitia kegiatan ini, Budi Dharma Hidayat mengatakan “alasan angkatan 015 SMA N 1 Kaledupa yang bekerjasama dengan KPA daerah Kaledupa melakukan “Bakti Social Bersih-Bersih Sampah” adalah untuk menyadarkan masyarakat akan bahaya sampah plastik . Kita tahu bersama bahwa Pantai Sombano dan Pulau Hoga yang ada di Kaledupa itu dikenal dengan keindahan bawah lautnya, sehingga kegiatan yang kami lakukan ini diharapkan bisa menjadi cerminan bagi masyarakat untuk menjaga kelesetarian pantai terutama dari sampah plastik. Harapan kami juga semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa menjadi warning bagi pemerintah agar kedepannya tidak ada masyarakat atau wisatawan yang membuan g sampah sembarangan, terutama sampah palastik, karena sampah plastik inilah yang dapat merusakan pertumbuhan karang. Kemudian saya dan teman-eman yang lain berharap semoga nama Wakatobi utama Pulau Kaledupa initetap bisa dikenal dengan keindahan surga nyata bawah lautnya yang tetap terjaga kelestariannya.” (Andhika putri rania ningsih) 


    

Bersih-Bersih Pantai oleh Alumni 015 SMA N 1 Kaledupa dan KPA Daerah Kaledupa Bersih-Bersih Pantai oleh Alumni 015 SMA N 1 Kaledupa dan KPA Daerah Kaledupa Reviewed by sarlina ilina on Juni 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.