Wow, Pendonor Sangat Antusias pada Kegiatan DORAS ( Donor Darah Sukarela) KSR PMI Unit UHO Angkatan Ke-27

(Dititik.com) Korps Sukarela PMI universitas Halu Oleo saat ini telah sampai pada angkatan ke -27. Angkatan ke-27 ini merupakan angkatan  baru pada KSR PMI unit UHO yang telah dikukuhkan pada tanggal 15 oktober kemarin dengan anggota sebanyak 37 orang.

Salah satu syarat sah menjadi anggota KSR PMI Unit UHO ialah harus mengadakan kegiatan perdana yang bertujuan membantu sesama manusia. Angkatan ke-27 KSR PMI Unit UHO pun melaksanakan hal  demikian. Pada tanggal 9 November 2017 yang tepatnya jatuh pada hari Kamis,anggota KSR mangadakan kegiatan perdana yaitu DORAS ( Donor Darah Sukarela) dengan tema “ Buktikan Kepedulian mu Karena Darahku, Darahmu adalah Darah Untuk Kemanusiaan”

Pada kegiatan yang berlangsung dari pukul 08:00 hingga pukul 14.30 siang berjalan sesuai rencana. Kegiatan donor darah inipun bekerjasama dengan pihak UDD (Unit Donor Darah) kota kendari yang mendatangkan sekitar 7 orang pegawai UDD yang turut  membantu/ bertugas dalam kegiatan ini. Banyaknya peserta donor darah yang ikut berpartisipasi membuat pihak UDD sendiri kewalahan menanganinya, akibatnya registrasi calon peserta donor darah ditutup pada jam 12 siang yang menyebabkan banyak peserta yang ingin mendonor darah tidak bisa berpastisipasi .

  “ ini merupakan kegiatan pertama kami sebagai anggota KSR PMI dan prediksi peserta pendonor sejauh ini telah melebihi target awal kami” jelas Alwin Mahyudin selaku ketua panitia pada Kamis kemarin ditengah-tengah kegiatan donor darah.

Walaupun antrian yang cukup panjang dan lama tak mengurangi semangat serta antusias dari para pendonor. “ ini kali pertama saya mendonorkan darah, awalnya tadi cukup deg-degan dan sedikit takut tetapi karena terlalu lama menunggu giliran akhirnya sedikit berkurang, apalagi saya telah melihat sendiri bagaimana teman-teman yang lain saat mendonor” jelas Ruspita  Sidin salah satu perserta donor darah kemarin.

Faktor internal dan faktor eksternal merupakan faktor penyebab sebagian peserta yang ingin mendonor tidak dapat berkontribusi lebih dalam kegiatan ini. Faktor internalnya yaitu tidak terpenuhinya syarat-syarat sebagai pendonor darah, antara lain tekanan darah rendah, tidur kurang dari 8 jam sehari sebelum donor darah,berat badan ideal diatas 46 kg, dan masih banyak lagi. Adapun faktor eksternalnya yaitu sebagian calon pendonor datang ketika registrasi telah ditutup. Hal tersebut kemudian membuat para peserta yang ingin mendonor merasa sedih dan kecewa.

"Selain bertujuan untuk membantu sesama manusia, kegiatan donor darah kemarin juga merupakan ajang dimana para anggota KSR PMI Unit UHO bisa saling mengakrapkan diri satu sama lain, baik sesama angkatan maupun junior dan senior." Ungkap Alwin Mahyudi. " Dan sya selaku ketua panitia pada donor darah kali ini juga mau mengatakan bahwa agar kegiatan ini masih dan akan selalu diadakan pada waktu-waktu berikutnya. Semoga pendonor kedepannya bisa semikin bertambah, Buktikan Kepedulian mu Karena Darahku, Darahmu adalah Darah Untuk Kemanusiaan". Tambah Alwain seksligus menutup wawancara tentang kegiatan donor darah kemarin. (Ilina)



Wow, Pendonor Sangat Antusias pada Kegiatan DORAS ( Donor Darah Sukarela) KSR PMI Unit UHO Angkatan Ke-27 Wow, Pendonor Sangat Antusias pada Kegiatan DORAS ( Donor Darah Sukarela) KSR PMI Unit UHO Angkatan Ke-27 Reviewed by sarlina ilina on November 11, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.