Berbagi Bersama Anak Pesisir

[Dititik.com] Negara Indonesia memiliki begitu banyak organisasi maupun komunitas di dalamnya yang tersebar diseluruh pelosok negeri entah itu yang bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Di daerah yang saya tempati pun saat ini yaitu di provinsi Sulawesi Tenggara tak luput dari keberadaan organisasi dan komunitas salah satunya yaitu Sultra Island Care. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Sultra Island Care atau biasa disingkat dengan SIC, sayapun bertanya kepada salah satu anggota dari SIC itu sendiri sebagai narasumber saya dia bernama Aulia.

Awal mula terbentuknya Sultra Island Care ini yaitu berawal dari program kerja kegiatan Saponda Island Care, dimana dalam kegiatan ini terdapat berbagai macam komunitas yang ada di kota Kendari yang ikut serta dalam menyukseskan kegiatan ini. Para Volunteer saat itu yang merupakan pendiri Sultra Island Care yang ada ssat ini berfikir bahwa jika kegiatan ini berakhir maka hanya satu pulau saja dan mereka pun berinisiatif untuk menindak lanjuti kegiatan ini dengan membentuk sebuah organisasi yang sekarang sudah menjadi lembaga swadaya masyarat yaitu Sultra Island Care yang resmi terbentuk pada tanggal 30 juli 2017 dan pada tanggal itu pula terbentuk susunan pengurusan dan pemilihan ketua Umum pertama.

Untuk anggotanya sendiri, yang terlibat bukan hanya pengurus akan tetapi volunteer atau relawan yang peduli terhadap kondisi pendidikan masyarakat pesisir terpencil. Terutama remaja - remaja masa kini yang memiliki semangat juang tinggi dalam menyukseskan suatu program akan tetapi masih belum tahu bagaimana cara untuk mengekspresikannya dan terkadang terjadilah hal - hal buruk yang berdampak negatif bagi diri mereka sendiri. Oleh karena itu remaja disini menjadi pelopor dan  peran penting dalam membangun visi misi organisasi Sultra Island Care itu sendiri dan agar mengubah mindset remaja jaman sekarang khususnya Mahasiswa yang hanya mengkhususkan dirinya di dunia kampus tanpa ada kontribusi di dunia luar khusunya dunia masyarakat dan tentunya akan memberikan dampak positif bagi mereka.
Berdasarkan informasi dari narasumber juga Sultra Island care ini merupakan organisasi relawan yang peduli terhadap kondisi pendidikan, kesehatan dan pengembangan potensi sumber daya alam masyarakat pesisir terpencil, alasan terbesar mengapa mereka fokus terhadap masyarakat pesisir terpencil karena menurut pandangan mereka yang mungkin saat ini masih banyak yang belum mengetahui akan hal ini bahwa kesetaraan kondisi pendidikan, kesehatan, dan sumber daya di masyarakat pesisir sangat berbeda dengan daerah perkotaan. Mulai dari fasilitas sekolah, fasilitas kesehatan, tenaga guru, tenaga kesehatan dan pengetahuan masyarakat mengenai pengembangan sumber daya alam yang bisa mereka kembangkan menjadi permasalahan utama.

Dari penjelasan yang saya dapatkan dari narasumber mengenai Sultra Island Care bisa saya simpulkan bahwa di tengah - tengah kerasnya kehidupan ini ternyata masih banyak orang - orang yang peduli dengan sesamanya, yang relah meluangkan waktunya untuk kepentingan orang lain. Satu hal yang harus kita ketahui bahwa jikalau kita merasa disekeliling kita tidak ada orang yang baik maka jadilah salah satu orang baik dilingkup itu, mungkin suatu saat virus - virus kebaikanmu akan tertular dengan orang yang ada di sekitarmu.

Berbagi Bersama Anak Pesisir Berbagi Bersama Anak Pesisir Reviewed by Admin Redaksi on Oktober 29, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.